Terbaik Dan Paling Menakjubkan 16 Keindahan Alam Indonesia, Silakan Simak Narasi Berikut di Bawah Ini, Menarik sekali.

Terbaik Dan Paling Menakjubkan 16 Keindahan Alam Indonesia, Silakan Simak Narasi Berikut di Bawah Ini, Menarik sekali.

Indonesia terkenal akan keindahan alam yang dimilikinya, tak heran jika berbagai destinasi wisata alam di Indonesia berikut terkenal hingga ke seluruh dunia

Keindahan Alam Indonesia - Indonesia terkenal di mancanegara sebagai negara dengan alam yang indah. Negara kepulauan seluas 1,91 juta km2 ini memang memiliki bentang alam yang memesona, mulai dari Aceh hingga Papua. Tak heran jika jumlah wisatawan yang datang terus bertambah, baik dari dalam maupun luar negeri untuk melihat langsung ragam keindahan wisata alam yang ada di Indonesia.

Karena keindahan alam Indonesia yang tak terkira, berlibur pun tak perlu jauh-jauh ke luar negeri. Ada sejumlah destinasi wisata alam Indonesia yang sangat menarik untuk dikunjungi. Apa saja di antaranya? Berikut rekomendasi keindahan alam Indonesia terbaik yang telah mendunia: ****

1. Pulau Weh

Pulau Weh | Sumber gambar: Tribun Travel

Pulau Weh menyandang status sebagai daerah paling barat di wilayah Indonesia. Di pulau inilah kamu dapat menemukan Tugu Nol Kilometer sebagai simbol awal perjalanan di wilayah Indonesia. Meskipun tidak terlalu besar, Pulau Weh memiliki keindahan alam khas Nusantara yang luar biasa. Untuk mencapai pulau ini, kamu harus berlayar dengan kapal feri sekitar 2 jam perjalanan.

Salah satu spot yang menunjukkan keindahan alam Indonesia di Pulau Weh adalah Pantai Iboih. Pantai ini terkenal dengan panoramanya yang sangat indah. Air laut yang membentang tampak biru jernih. Pasir di sepanjang pesisir pantai pun terlihat putih dan lembut. Selain Pantai Iboih, ada pula beberapa pantai lain, seperti Pantai Kasih, Pantai Tapak Gajah, Pantai Sumur Tiga, dan Pantai Anoi Itam, yang tak kalah memesona.

2. Danau Toba

Danau Toba | Sumber gambar: Wikipedia

Keindahan alam Indonesia juga dapat kamu nikmati saat berkunjung ke Danau Toba yang terletak di wilayah Sumatera Utara. Danau Toba merupakan danau terbesar di Indonesia. Di tengah-tengah danau ini, ada sebuah daratan yang cukup luas yaitu Pulau Samosir. Kamu bisa berkunjung ke Pulau Samosir dengan menumpang kapal feri selama 30 menit. Di Pulau Samosir, kamu bisa mengeksplorasi sejarah dan kebudayaan masyarakat lokal.

Berada sekitar 900 meter dari permukaan laut, suasana di sekitar Danau Toba terasa sejuk. Sembari bersantai menikmati panorama alam yang memesona, cicipi kuliner olahan seafood yang segar. Jangan lupa memilih spot terbaik untuk menyaksikan keelokan Danau Toba yang sempurna. Jika ingin lebih puas menjelajah objek wisata alam Indonesia ini, carilah penginapan terdekat.

3. Belitung

Pulau Belitung | Sumber gambar: The Jakarta Post

Pulau Belitung menjadi salah satu destinasi wisata yang menunjukkan keindahan alam Indonesia. Pengunjung yang datang ke daerah ini terus meningkat sepanjang tahun. Ada sejumlah spot yang menawarkan keindahan alam di Pulau Belitung, di antaranya Tanjung Binga, Pulau Leebong, Pantai Tanjung Kelayang, dan Pulau Lengkuas. Tempat-tempat ini identik dengan pasir putih dan air laut yang jernih.

Nama Pulau Belitung semakin terkenal sejak Andrea Hirata mempublikasikan novelnya berjudul Laskar Pelangi. Berlatar belakang keindahan Pulau Lengkuas yang memukau, kisah inspiratif ini berhasil menarik minat banyak orang untuk datang ke Belitung. Nah, bagi kamu yang berencana berlibur ke pulau ini, sediakan waktu lebih dari satu atau dua hari untuk menjelajahinya.

4. Gunung Bromo

Gunung Bromo | Sumber gambar: Wikipedia

Gunung Bromo adalah salah satu gunung yang sangat populer di kalangan wisatawan karena menawarkan keindahan alam Indonesia yang menakjubkan. Meskipun berstatus sebagai gunung berapi aktif, Bromo tidak pernah sepi dari pengunjung.

Ada sejumlah spot menarik di sekitar kawasan Gunung Bromo yang menjadi favorit wisatawan. Salah satunya, Puncak Penanjakan yang kerap menjadi lokasi untuk menyaksikan panorama matahari terbit. Puncak Penanjakan telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas, mulai dari toilet, Mushola, hingga kios makanan.

Selain Puncak Penanjakan, kamu juga wajib berkunjung ke Pasir Berbisik. Ini adalah hamparan padang pasir seluas 5.920 hektare yang terletak di jalur menuju puncak Bromo. Tekstur pasirnya halus dan berwarna hitam. Pemandangan alam di tempat ini terlihat semakin eksotis dengan keberadaan tebing-tebing megah di sekitarnya.

5. Bunaken

Bunaken | Sumber gambar: Super Adventure

Salah satu bukti keindahan alam Indonesia bisa kamu temukan di Bunaken. Taman Nasional Bunaken terletak di Sulawesi Utara, tepatnya di Segitiga Terumbu Karang. Di kawasan ini, ada sekitar 390 spesies terumbu karang serta berbagai jenis ikan dan hewan laut. Tak heran jika banyak wisatawan datang ke Taman Laut Bunaken demi bisa menyaksikan habitat bawah laut ini dari dekat.

Aktivitas favorit selama berada di Taman Laut Bunaken adalah diving dan snorkeling. Bahkan, Bunaken disebut-sebut sebagai destinasi wisata menyelam terbaik di Indonesia. Spot yang paling disukai adalah Bunaken Timur Mandolin dan Puncak Barakuda. Menyaksikan keindahan suasana di tempat ini akan membuat kamu terpukau. Jika tak ingin basah-basahan, manfaatkan fasilitas berupa perahu semi selam dengan dinding kaca.

6. Pantai Sanur

Pantai Sanur | Sumber gambar: Traveloka

Jika berbicara tentang keindahan alam Indonesia, Bali tak bisa diabaikan begitu saja. Bahkan, nama pulau ini lebih akrab bagi para wisatawan mancanegara karena pemandangannya yang eksotis. Pantai Sanur terletak di timur Kota Denpasar sehingga menjadi lokasi yang sangat ideal untuk menyaksikan keindahan matahari terbit.

Bagi kamu yang berlibur ke Pantai Sanur, nikmati juga keseruan bermain pasir dan air atau berenang. Kontur pesisir pantai ini memang landai dan sangat bersahabat bagi pengunjung. Ombaknya juga tidak terlalu kencang. Selain itu, kamu juga bisa menyewa kano untuk menikmati panorama lautan yang indah pada sore hari.

7. Raja Ampat

Raja Ampat | Sumber gambar: Wikipedia

Jika memiliki budget liburan yang cukup besar, jangan ragu untuk memilih Raja Ampat sebagai destinasi wisata alam di Indonesia. Kamu tidak akan kecewa menyaksikan keindahan alam Indonesia yang masih permai dan alami ini. Meskipun cukup jauh di wilayah timur Indonesia, Raja Ampat selalu menjadi primadona bagi para wisatawan. Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata ini pun sudah cukup lengkap dan nyaman.

Salah satu tempat menarik di Raja Ampat adalah Pianemo atau Painemu yang merupakan kawasan karst. Gugusan pulau karang ini tampak cantik membentang di laut sehingga sering dijuluki “surga kecil” di Tanah Papua. Ada juga yang disebut Laguna Bintang, yaitu laguna yang berbentuk seperti bintang dan memiliki air berwarna hijau toska. Laguna yang terbentuk secara alami ini bisa dinikmati secara utuh dari puncak bukit.

Berkunjung ke Raja Ampat juga tidak akan lengkap jika belum menginjakkan kaki di Arborek. Ini adalah sebuah pulau kecil di Raja Ampat yang memiliki pantai landai dengan arus air yang tenang. Hamparan pasir berwarna putih berpadu dengan pepohonan kelapa menciptakan suasana yang sangat eksotis.

8. Wae Rebo

Wae Rebo | Sumber gambar: Wikipedia

Berada di ketinggian 1.500 meter dari permukaan laut, Desa Wae Rebo kerap mendapatkan julukan negeri di atas awan. Meskipun tak mudah untuk mencapati Desa yang berlokasi di Manggarai, Nusa Tenggara Timur ini, namun beratnya perjalanan tersebut akan terbayarkan lunas setelah kamu melihat langsung indahnya panorama bangunan-bangunan tradisional khas Wae Rebo berbingkai alam asri dan gunung-gunung megah sebagai latar belakangnya.

Memiliki nilai budaya dan sejarah yang panjang, Wae Rebo telah dinobatkan sebagai salah satu situs warisan dunia UNESCO pada 2012 sil

9. Pulau Komodo

Pulau Komodo | Sumber gambar: Wikipedia

Satu lagi keindahan alam Indonesia yang telah mendunia di Nusa Tenggara Timur, yakni Pulau Komodo. Di destinasi wisata alam Indonesia satu inilah hidup tak kurang dari 2000 ekor Komodo, hewan endemik Indonesia yang juga telah populer di mata dunia.

Namun, daya tarik dari pulau Komodo tak hanya pada hewan reptil purba-nya saja, melainkan juga keindahan alamnya yang sangat memukau!

10. Wakatobi

Wakatobi | Sumber gambar: CNN Indonesia

Berada di Sulawesi Tenggara, Taman Nasional Wakatobi yang sebagian besar wilayahnya merupakan perairan ini merupakan destinasi wisata alam yang menawarkan keindahan alam Indonesia yang sangat menakjubkan.

Kerap dijuluki sebagai surga bawah laut, destinasi wisata alam di Indonesia ini merupakan rumah bagi berbagai jenis flora dan fauna laut termasuk gugusan karang indah nan eksotis yang dikonservasi di sini. Mampir ke sini, sempatkan diri untuk diving atau snorkeling untuk lihat lebih dekat keindahan alam bawah laut Indonesia.

11. Banda Neira

Banda Neira | Sumber gambar: Wikipedia

Wilayah timur Indonesia memang banyak menyimpan pesona keindahan alam yang sangat menakjubkan. Salah satunya bisa kamu temukan di Banda Neira, pulau yang terletak di Maluku Tengah.

Pulau kecil ini menjadi salah satu destinasi wisata alam di Indonesia favorit wisatawan mancanegara karena panorama alamnnya yang sangat indah. Selain keindahan alamnya, ternyata pulau ini juga menyimpan sejarah panjang Indonesia karena dahulu tempat ini merupakan salah satu pusat perdagangan pala dimasa kolonialisasi Belanda. Bahkan, kamu masi bisa menemukan sisa-sisa peninggalan Belanda ditengah-tengah asrinya alam di pulau ini.

12. Danau Sentani

Danau Sentani | Sumber gambar: Tribun Timur

Sentani memiliki arti "di sini kami tinggal dengan damai" dan sesuai dengan nama ini, suasana di Danau Sentani memang terasa sangat damai dan menenagkan. Hal ini dikarenakan panorama danau terbesar di Papua masih sangat asri dan juga eksotis.

Memiliki luas 9.360 hektar dan berada di ketinggian 75 meter dari permukaan laut destinasi wisata alam Indonesia ini memiliki atmosfer udara yang sangat menyegarkan.

Setiap tahunnya, tepatnya pada bulan Juni kerap diselenggarakan Festival Danau Sentani dimana kamu bisa menyaksikan berbagai pertunjukkan budaya khas Papua seperti tari perang hingga tari-tarian tradisional lainnya yang ditarikan di atas perahu sambil diiringi alat-alat musik tradisional khas Papua dengan keindahan alam Indonesia nan asri sebagai latar belakang yang membingkainyaHotel & Akomodasi Terbaik di Sentani

13. Mentawai

Mentawai | Sumber gambar: Tribun Travel

Kepulauan Mentawai yang berada di Sumatera Barat merupakan destinasi wisata selanjutnya yang menawarkan keindahan alam Nusantara yang telah diakui dunia. Terkenal akan pantai-pantainya yang indah dan berombak, setiap tahunnya ribuan peselancar dari berbagai belahan dunia mengunjungi tempat ini untuk menaklukan ombak yang ada di kepulauan Mentawai.

Untuk kamu penggemar islands hopping dan juga wisata pantai, Kepulauan Mentawai jelas merupakan salah satu tujuan wisata alam di Indonesia dengan keindahan memukau yang sangat recommended.

14. Derawan

Derawan | Sumber gambar: Jawa Pos

Keindahan alam Indonesia terbaik selanjutnya bisa kamu temukan di gugusan kepulauan Derawan yang berada di provinsi Kalimantan Timur. Gugusan kepulauan satu terkenal sebagai salah satu destinasi diving dan snorkeling yang popularitas keindahannya telah mendunia. Salah satu titik penyelaman populer di Derawan adalah "Blue Trigger Wall" yang memiliki kedalaman mencapai sepuluh meter


15 Cagar Alam Wisata

Kawah Ijen | Sumber gambar: Liputan 6

Jawa Timur merupakan salah satu Provinsi di Pulau Jawa yang banyak menyimpan pesona keindahan alam, salah satunya berada di Cagar Alam Taman Wisata Ijen yang berada di Banyuwangi. Destinasi wisata alam populer di Indonesia ini terkenal akan kawahnya yang mengeluarkan api berwarna kebiruan.

Berada pada ketingian 2.368 meter di atas permukaan laut, tengah malam sebelum matahari terbit adalah waktu terbaik untuk mencapai puncak dari Kawah Ijen dimana kamu bisa menyaksikan eksotisme api biru yang terdapat di kawah ini.

16. Puncak Jayawijaya

Puncak Jayawijaya | Sumber gambar: Tribun Travel

Meskipun memiliki iklim tropis, terdapat satu lokasi di Indonesia yang memiliki salju, yakni Puncak Jayawijaya, puncak tertinggi di Indonesia yang ada di Papua. Tak hanya di Indonesia, Puncak Jayawijaya bahkan merupakan puncak tertinggi di Australia dan Oceania, lho.


No comments

Powered by Blogger.